Invertebrata Laut

Hewan bersel banyak pertama adalah invertebrata (hewan tanpa tulang belakang) yang hidup di laut. Hingga sekarang lautan masih dipenuhi oleh hewan invertebrata. Keturunan invertebrata prasejarah hingga kini masih berenang dan merayap di laut. Contohnya adalah cacing, koral, kerang, siput, bintang laut, gurita, dan cumi-cumi.

Tak Bertulang Belakang
Tanpa tulang belakang tidak menjadi halangan bagi hewan invertebrata. Terbukti, mereka sukses berbiak, melampaui jumlah vertebrata. Di laut, invertebrata dapat mencapai ukuran sangat besar. Cacing bootlace di Laut Utara dapat tumbuh hingga sepanjang 25 meter. Kerang raksasa Pasifik bisa mencapai lebih dari 300 kilogram. Invertebrata juga berumur sangat panjang, misalnya kerang quahog Atlantik yang berumur hingga 220 tahun.

Koral
Koral
Koral tersusun dari rangka kapur polip-polip koral kecil. Polip tumbuh dengan cara 'bertunas' dan setiap tunas polip akan menutup koral induk. Karena terus tumbuh, ukuran koral kian membesar hingga membentuk percabangan seperti tumbuhan dan berbentuk karang raksasa. Beberapa tipe koral yang hidup di perairan dangkal yang hangat ditumbuhi ganggang bersel tunggal. Ganggang membuat gula dengan menggunakan cahaya matahari. Sebagian gula digunakan oleh koral induk. Koral melindungi ganggang dan menyediakan beberapa mineral yang dibutuhkan untuk membuat protein dan unsur-unsur kimia penting lainnya.

Tentakel dan Duri
Ubur-ubur dan anemon memiliki tentakel dengan sel-sel penyengat. Ubur-ubur biru 'pasukan perang portugis' (portuguese man-of-war) sebenarnya adalah ribuan hewan yang melakukan kerja sama. Tentakel-tentakel panjang yang mereka miliki dapat melumpuhkan ikan yang mereka sengat. Sisi luar dari tentakel ditutupi oleh sel-sel penyengat. Sel-sel penyengat itu memuat jarum-jarum kecil beracun yang berfungsi untuk melumpuhkan mangsa.
Golongan Echinodermata seperti bintang laut dan teripang memiliki kulit berduri. Mereka juga memiliki kaki tabung. Hewan Echinodermata memompa cairan masuk ke kaki tabung sehingga membuatnya memanjang. Jika kehilangan salah satu kaki, bintang laut akan menumbuhkan kaki baru.


Source : Buku Ensiklopedia Iptek

6 komentar:

  1. Ternyatamasih banyak makhluk hidup yang belum saya ketahui.

    BalasHapus
  2. jangan lpa kunjungan balik ya sob :)
    http://matabathin-dery.blogspot.com

    BalasHapus

Peraturan dalam berkomentar
1. No SPAM
2. No SARA
3. Tidak berkomentar dengan kata yang berbau PORNO
4. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti
5. Dilarang mencantumkan link dikomentar dan gunakanlah Name/URL untuk berkomentar

>> Salam dari Admin The Master Blogger

Muhammad Zulfi Rahmanzi

Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang sangat berguna untuk bangsa ini. Dan belajarlah dengan penuh keyakinan, karena suatu saat nanti kamu akan merasakan yang namanya .::SUKSES::....Read More
Chrome Pointer