Tips Chatting Yang Bermanfaat

    Sebenarnya semua orang sudah sepakat dan mengetahui etika chatting (walaupun tidak disebutkan secara tertulis). Namun belum banyak yang menyadari sepenuhnya untuk mempraktikkannya dengan benar. Maka disini saya akan berbagi sedikit tips chatting semoga saja dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Etika chatting tersebut antara lain, sebagai berikut :
  1. Harus sopan | Siapa pun partner chatting, mengenalnya atau tidak, jangan sampai memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan, seperti mengetikan kata-kata kasar, sara atau menyinggung perasaan atau tidak pantas lainnya.
  2. Jangan memaksakan kehendak | Apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan mu, harus dihormati dan tidak boleh memaksanya untuk menjawab atau meladeni percakapan mu.
  3. Harus jujur | Usahakan untuk menulis sesuatu apapun dengan jujur (kecuali untuk hal-hal yang menyangkut privasi), karena hal itu akan membuat partner chatting percaya dan menghargai mu. Yakinlah bahwa sejelek atau seburuk apapun, jika kamu mengatakan dengan jujur, orang lain akan menghargai kamu dengan baik.
  4. Jangan suka mengganggu dan iseng | Walaupun partner chatting terlihat online, belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting dengan mu. Mana tau dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konsentrasi. Jika demikian, kita tidak boleh mengganggunya atau mengisenginya dengan mengetikkan "BUZZ" terus-menerus.
  5. Jangan pernah membawa SARA | Karena hal ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
  6. Ucapkan salam | Tidak ada buruknya jika ucapan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana keakraban. Pada setiap perjumpaan kamu bisa mengetikan selamat siang, halo, hi, atau senang bertemu Anda kembali, atau jika ingin mengakhirinya, bisa mengetikkan selamat tinggal, bye, atau sampai ketemu lagi.
  7. Jangan menulis dengan HURUF BESAR (kapital) karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersinggung.
  8. Aktifkan status Offline | Hal ini dapat menjadi alternatif jika kamu sedang sibuk dan tidak ingin diganggu chatter lain, dan ini sah-sah saja.
  9. Jangan terlalu banyak membuka dialog pada saat yang bersamaan | Jika kamu tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting-mu, karena harus melayani banyak dialog dengan orang lain. Selain itu, jika sambil menyelesaikan tugas pekerjaan, maka akan sangat mengganggu kelancaran pekerjaan mu tersebut.
  10. Jangan lupa minta izin kepada partner chatting | Pada saat kamu ingin meninggalkan komputer, siapa tahu dia sedang menunggu jawaban dari kamu.

6 komentar:

Peraturan dalam berkomentar
1. No SPAM
2. No SARA
3. Tidak berkomentar dengan kata yang berbau PORNO
4. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti
5. Dilarang mencantumkan link dikomentar dan gunakanlah Name/URL untuk berkomentar

>> Salam dari Admin The Master Blogger

Muhammad Zulfi Rahmanzi

Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang sangat berguna untuk bangsa ini. Dan belajarlah dengan penuh keyakinan, karena suatu saat nanti kamu akan merasakan yang namanya .::SUKSES::....Read More
Chrome Pointer