Kumpulan Mutiara Hadist


"Tidaklah seseorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya, dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapus dosa-dosanya dengan hal tersebut." (HR. Bukhari & Muslim)

"Setiap amal itu ada masa semangatnya dan masa lemahnya. Barangsiapa yang pada masa lemahnya ia tetap dalam sunnah (petunjuk) Ku, maka ia telah beruntung. Namun barang siapa yang beralih kepada selain itu berarti ia telah celaka." (HR. Ahmad)

"Barangsiapa menyeru kepada hidayah (petunjuk), maka baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dari pahala mereka sedikit pun" (HR. Muslim)

Adi bin Hatim ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda "Bentengilah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan sepotong korma." (Muttafaq 'Alaih)

"Barangsiapa yang pergi ke Masjid, di pagi hari atau di sore hari, niscaya Allah menyiapkan Surga sebagai tempat tinggalnya" (Muttafaqun 'alaih)

"Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga." (HR. Muslim)

"Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur'an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya." (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda, "Bukanlah kekayaan itu dengan banyaknya harta benda, tetapi kekayaan (yang hakiki) adalah kekayaan (dalam) jiwa." (HR. Bukhari)

"Barangsiapa menghilangkan satu kesulitan dari orang muslim maka Allah membalasnya dengan menghilangkan daripadanya satu kesulitan dari kesulitan-kesulitan yang ada pada hari kiamat." (HR. Bukhari & Muslim)

"Tinggalkan yang meragukanmu dan ambillah apa yang tidak meragukanmu, karena kejujuran adalah ketentraman, dan kebohongan adalah kebimbangan." (HR. Tirmidzi)

Rasulullah bersabda "Tidak boleh hasud (dengki), kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap orang yang diberi harta oleh Allah, kemudian ia mempergunakannya untuk membela kebenaran, dan terhadap yang diberi ilmu pengetahuan oleh Allah, kemudian ia mengamalkannya dan mengajarkannya." (HR. Bukhori & Muslim)

"Sesungguhnya seorang muslim apabila bertemu saudaranya yang muslim, lalu ia memegang tangannya (berjabat tangan) gugurlah dosa keduanya sebagaimana gugurnya daun dan pohon kering jika ditiup angin kencang. Sungguh diampuni dosa mereka berdua, meski sebanyak buih dilaut." (HR. Tabrani)

"Barangsiapa tidur dan tangannya masih berbau atau masih ada bekas makanan dan tidak dicucinya lalu terkena sedikit gangguan penyakit kulit maka janganlah menyalakan kecuali dirinya sendiri." (HR. Ibnu Hibban dan Abu Dawud)

"Sesungguhnya agama ini mudah, dan tidak akan seseorang memberat-beratkan diri dalam beragama melainkan akan mengalahkannya. Maka, berlaku luruslah, berlaku sedanglah, bergembiralah, dan mintalah pertolongan pada waktu pagi, sore, dan sedikitnya pada akhir malam." (HR. Bukhori)

Diriwayatkan dari Aisyah ra. : aku berkata, "Wahai Rasulullah! Aku mempunyai dua tetangga, dan aku ingin tau, siapa diantara mereka yang (lebih berhak) untuk ku beri hadiah." Nabi Muhammad SAW menjawab,"Orang yang pintunya lebih dekat dengan mu." (HR. Bukhori)

2 komentar:

Peraturan dalam berkomentar
1. No SPAM
2. No SARA
3. Tidak berkomentar dengan kata yang berbau PORNO
4. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti
5. Dilarang mencantumkan link dikomentar dan gunakanlah Name/URL untuk berkomentar

>> Salam dari Admin The Master Blogger

Muhammad Zulfi Rahmanzi

Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang sangat berguna untuk bangsa ini. Dan belajarlah dengan penuh keyakinan, karena suatu saat nanti kamu akan merasakan yang namanya .::SUKSES::....Read More
Chrome Pointer