Hutan yang Hilang


    Benarkah hutan bumi akan lenyap? Itu bisa saja terjadi apabila kita tidak berusaha mencegahnya. Apabila dibandingkan dua abad yang lalu, penduduk bumi saat ini makin banyak. Mereka membutuhkan makan dan tempat tinggal. Akhirnya, untuk mengatasi masalah itu, banyak di antara mereka membuka hutan untuk pertanian dan menebangi pohon untuk dijual. Itulah ulah manusia. Akibatnya pun akan dapat dirasakan, mungkin tidak saat ini, tetapi kelak pasti.

    Sekarang saja sudah banyak dampak yang bisa kita rasakan dari hilangnya hutan. Di Indonesia saja hampir separuh hutan Sumatra kini telah lenyap. Bisa kita lihat dampaknya dari bencana-bencana yang datang, mulai dari banjir bandang, tanah longsor, kekeringan, dan hilangnya keanekaragaman hayati di hutan. Salah satunya yang terjadi di Bukit Lawang, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Peristiwa tragis ini terjadi pada Senin, 3 November 2003.
    Saat itu air bah yang datangnya dari hulu DAS (Daerah Aliran Sungai) Bohorok telah memakan korban jiwa. Sungai Bohorok yang mengalir melalui Desa Bukit Lawang merupakan bagian dari DAS Sei Wampu. Kerusakan hutan di sub-DAS ini merupakan penyebab utama terjadinya banjir bandang. Bencana ini pada akhirnya menjadi 'senjata pemusnah massal' (Weapon Mass Destruction) yang sangat mengerikan.
    Banjir bandang dan tanah longsor memang bisa terjadi di mana saja di wilayah bumi ini. Ketika suatu wilayah memiliki sistem aliran sungai dengan tingkat kemiringan tinggi (lebih dari 30%), apabila di bagian hulu turun hujan yang cukup lebat, potensi terjadinya banjir bandang relatif tinggi. Tingkat kemiringan sungai yang curam ini dapat dikatakan sebagai faktor "bakat" atau bawaan, sedangkan curah hujan adalah salah satu faktor pemicu saja. Namun, meskipun mempunyai kondisi wilayah yang demikian, bencana tersebut bisa dicegah oleh hutan. Jika demikian, akankah kita tetap tega membiarkan kerusakan hutan terjadi?
    Melihat kenyataan yang diuraikan di depan, akankah kamu terus berdiam diri? Padahal, di seluruh dunia ini banyak orang telah berjuang melindungi lingkungan. Ada berbagai cara yang mereka lakukan, mulai dari hal-hal kecil di lingkungan sekitar mereka. Ada juga dari sebagan mereka menjadi sukarelawan mengorbankan waktu untuk berjuang demi lingkungan hidup. Apa yang bisa kamu lakukan? Bergabung dengan organisasi pelestarian lingkungan merupakan salah satu solusi cepat.
    Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan bergabung dalam organisasi lingkungan hidup. Kamu bisa melindungi lingkungan dengan dua cara, terlibat langsung maupun sekedar memberikan donasi atau dukungan dalam bentuk apapun. Di dalamnya kamu bisa mengikuti kampanye untuk perubahhan jangka panjang. demi kelestarian lingkungan dan pencegahan bencana. Kamu akan menemukan hal-hal baru yang sangat berharga. Pilih dan bergabunglah denga salah satu organisasi tersebut. Sekian dulu cerita dari saya, Salam.

4 komentar:

  1. Kalau hutan gundul kemana lagi binatang yang ada di hutan bisa hidup.

    BalasHapus
  2. Mari kita jaga hutan kita...........

    BalasHapus
  3. sebenarnya bencana itu sendiri kita lah yang mengundangnya, contohnya dangan menebangi hutan sembarangan.

    BalasHapus
  4. banyak orang Indonesia yg tidak bertanggung jawab dengan semua ini

    BalasHapus

Peraturan dalam berkomentar
1. No SPAM
2. No SARA
3. Tidak berkomentar dengan kata yang berbau PORNO
4. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti
5. Dilarang mencantumkan link dikomentar dan gunakanlah Name/URL untuk berkomentar

>> Salam dari Admin The Master Blogger

Muhammad Zulfi Rahmanzi

Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang sangat berguna untuk bangsa ini. Dan belajarlah dengan penuh keyakinan, karena suatu saat nanti kamu akan merasakan yang namanya .::SUKSES::....Read More
Chrome Pointer