Hewan-Hewan Pada Film Harry Potter



     Siapa yang tak mengenal film yang satu ini. Film yang telah memperoleh beberapa penghargaan ini memang telah menyedot perhatian dunia. Buku yang dikarang oleh JK Rowling ini telah sampai puncak pada film terakhir yaitu "Harry Potter and The Deathly Hallows". Tapi apakah kalian mengetahui beberapa makhluk mistis yang tersirat dalam Harry Potter yang terdapat juga dalam kehidupan nyata dan suatu mitos kuno? Berikut pemaparannya.

1. Spinx
      Hewan ini memiliki badan singa dan kepala manusia. Coba anda tonton dalam cuplikan pada seri "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban". 
Dalam kisah tersendiri Sphinx digunakan orang Mesir kuno untuk mewakili dewa mereka. Hewan ini merupakan simbol kekuatan, kekuasaan dan kebangsawanan. Fir’aun dan ratu menyukai patung ini, bahkan meletakkan patung Sphinx pada nisan dan kuil pemakaman untuk menunjukkan hubungan kuat mereka dengan dewi Sekhmet, dewi yang digambarkan berkepala singa dan bertubuh wanita. Orang Mesir meyakini Sphinx menjaga harta karun, persis seperti Gringotts Wizarding Bank di Harry Potter.

2. Manusia Serigala
     Manusia serigala digambarkan baik dan jahat di beberapa buku Harry Potter, namun dalam cerita rakyat, manusia serigala selalu berperan jahat. Coba saja kalian tonton dalam film seri "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban".
Dalam mitologi Yunani, Raja Lycaeon menyajikan sepiring daging manusia mentah pada raja para dewa, Zeus. Zeus marah dan mengubah Lycaeon menjadi serigala. Selama Abad Pertengahan, cerita manusia serigala berkelompok mengancam petani dan ternak menyebar cepat ke seluruh Eropa. Pada 1500-an di Bedburg, Jerman, ditemukan anggota badan di ladang, hal ini menakutkan warga desa. Pada 1589 ‘manusia serigala’ itu tertangkap. Namanya Peter Stubbe, ia mengklaim menjadi serigala ketika ia mengenakan kulit serigala. Ia dipenggal, dan dibakar di tumpukan kayu pada 31 Oktober 1590. Hal ini merupakan suatu mitos kuno yang telah melekat pada masyarakat dan belum diketahui kebenarannya.

3. Griffin

   Masih dalam serial "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban". Makhluk yang menjadi tunggangan Harry ini tergambar sangat keren. Mitologi Griffin juga berasal dari Yunani. Makhluk menakutkan ini memiliki kaki depan, sayap dan kepala elang raksasa, serta tubuh dan kaki belakang singa. Hewan ini adalah pengawas Zeus. Orang Yunani yakin griffin berasal dari Asia dan India. Pada abad pertengahan, griffin selalu digambarkan menjaga benda berharga, seperti kotak perhiasan dan peti mati, makhluk ini juga memiliki peran sama di dunia Harry Potter.


4. Unicorn

  Dalam dunia Harry Potter, unicorn merupakan kuda ajaib bertanduk tunggal yang digunakan untuk ramuan. Ini juga tertuang dalam seri "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban". Selain itu, darahnya dapat menghidupkan kembali orang yang sekarat. Filolog Yunani dan Romawi Kuno percaya tanduk unicorn dapat menyembuhkan banyak penyakit. Mitos unicorn di abad pertengahan Eropa menyatakan, jika minum dari tanduk unicorn maka akan terlindung dari racun.

 
5. Chimera atau Cerberus

    Makhluk mitologi Yunani ini digambarkan sebagai “The Iliad” dan “makhluk abadi, bukan manusia, badan depan berupa singa, kambing di tengah, ular di belakang, dan bernapas api. Disekmen ini Harry bersama Ron dan Harmione sedang mengungkap kebenaran ruang rahasia Voldemort. Chimera terdapat pada "Harry Potter Chamber of Secrets" jika anda telah menontonnya.
Orang Yunani yakin binatang menjijikkan ini lahir dari gunung api di Lycia, Asia Kecil. Chimera juga digambarkan meneror desa Lisia sampai akhirnya terbunuh anak panah pahlawan Yunani, Bellerophon. Dalam dunia nyata, “chimera” merupakan istilah umum percobaan medis menggunakan sel dan DNA manusia-hewan.


6. Centaur

    Hewan ini tinggal di Hutan Terlarang Sekolah Sihir Hogwarts, centaur bertubuh kuda dan berkepala manusia. Coba anda tengok dalam film Harry Potter seri "Harry Potter and the Order of the Phoenix". Dalam seni Yunani, centaur digambarkan di atas batu pahatan kuno yang ditemukan di Skotlandia. Terdapat teori centaur berasal dari kebingungan penonton saat melihat orang menunggang kuda untuk pertama kalinya. Keganasan Centaur jangan lagi ditanyakan. Dalam hal sadis, Centaur memang sadis dan tak ada belas kasihan terhadap lawannya.


7. Phoenix Fawkes

   Kali ini adalah hewan kesayangan Dumbledore yang bernama Fawkes yaitu berupa burung Phoenix. Fawkes berperan penting saat membantu Harry dalam mengalahkan Lord Voldemort dalam seri "Harry Potter Chamber of Secrets".
Sebagai pelindung Albus Dumbledore, Fawkes sang phoenix sangat mirip dengan gambaran awal burung kekal. Legenda mengatakan, burung berwarna merah berbulu emas itu dapat hidup selama 1.000 tahun. Pada titik itu, ia akan terbakar dan terlahir kembali dari abu. Phoenix mewakili keabadian jiwa di Romawi, Yunani, Mesir, China, Kristen dan mitologi asli Amerika. Phoenix di kehidupan nyata hanyalah seekor ubur-ubur. Ubur-ubur hydrozoan (Turritopsi Nutricula) memiliki sel-sel dengan siklus tanpa akhir dari tahap polip dewasa belum matang ke tahap dewasa matang. Alhasil, ubur-ubur ini meregenerasi seluruh tubuhnya berulang kali. 

2 komentar:

  1. kyanya dari semua itu yg pling saya suka no. 7. Phoenix Fawkes...bisa hidup kembali

    BalasHapus

Peraturan dalam berkomentar
1. No SPAM
2. No SARA
3. Tidak berkomentar dengan kata yang berbau PORNO
4. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti
5. Dilarang mencantumkan link dikomentar dan gunakanlah Name/URL untuk berkomentar

>> Salam dari Admin The Master Blogger

Muhammad Zulfi Rahmanzi

Belajarlah dengan bersungguh-sungguh, karena suatu saat nanti kita akan menjadi orang yang sangat berguna untuk bangsa ini. Dan belajarlah dengan penuh keyakinan, karena suatu saat nanti kamu akan merasakan yang namanya .::SUKSES::....Read More
Chrome Pointer